Hasil gambar untuk pancasilaiSila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh. Satu sila menjiwa sila-sila yang lainnya. Dengan demikian, pemisahan agama dengan politik dan hukum, apakah penerjemahan nilai Pancasila atau pelanggaran nilai-nilai Pancasila ?

Dulu sewaktu masih duduk di bangku sekolah, sangat merasakan kekaguman mendengar guru Pendidikan Moral Pancasila (PMP), kalau sekarang PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) menjelaskan mengenai butir-butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Saat menjelaskan nilai-nilai dasar Pancasila, dengan tegas, Guru kami saat itu mengatakan bahwa “ nilai-nilai Pancasila itu, merupakan satu kesatuan yang utuh…”.

Kendati masih terasa bingung, maklum anak sekolahan SMP, keseriusan untuk menghapal dan berusaha menerapkan nilai-nilai Pancasila itu, tetap juga dilakukan. Walaupun, dalam prakteknya belum juga sempurna, sebagaimana yang diinginkan oleh Guru PMP tersebut.

Kendati demikian, keseriusan untuk menghapal dan berusaha menerapkan nilai-nilai Pancasila itu, tetap juga dilakukan. Walaupun, dalam prakteknya belum juga sempurna, sebagaimana yang diinginkan oleh Guru PMP tersebut.

“apa yang dimaksudkan dengan satu kesatuan yang utuh?”

Kendati sudah sebagian informasinya terlupakan, tetapi, sisi maksud dari penjelasan Guru PMP saat itu, dan masih teringat hingga masuk ke perkuliahan,  bahwa nilai-nilai Pancasila itu, antara satu nilai dengan nilai yang lainnya, saling menjiwai. Sila satu menjiwai sila dua, tiga, empat dan lima. Sifat keutuhan itu, bisa diartikan antar sila saling dijiwai dan menjiwai.

Dengan pemahaman serupa itu, terbayang sudah, bahwa sila Ketuhanan Yang Maha Esa, menjiwai  sila 2, 3, 4 dan 5. Dengan kata lain, pula, nilai-nilai demokrasi sebagaimana yang tersurat dan penereapan dari sila keempat, pun, harus dijiwai oleh sila Ketuhanan Yang Mahaesa.

Sekali lagi, bila pemahaman ini,masih benar, apakah pemisahan Agama dari Politik dan Hukum, masih dikategorikan sebagai penerjemahan Pancasila atau pelanggaran terhadap nilai-nilai Pancasila ?

Advertisements