Hasil gambar untuk sosialisme“Ada yang berkomentar, apa iya, PKI akan bangkit lai di Indonesia ?” ungkapnya dengan nada keraguan. Sebuah pertanyaan, yang wajar dikemukakan, dan juga layak disampaikan, disaat, kita merada dalam situasi yang tidak menentu ini.

Jika orang berbicara lagi mengenai PKI, Islamisme, atau liberalisasi, kita seolah diajak lagi ke tahun-tahun 1950-an. Era ORde Lama. Kala kita, bangsa Indonesia, ramai mewacanakan idelogi bangsa, dan masuk dalam tahap pendirian bangsa dan negara ini. Saat itu, kita masih rebutan argument, mengenai dasar negara Indonesia, bahkan, sampai pada konstituantae pun deadlock dibuatnya.

Apakah kita akan kembali ke situasi serupa itu ? jawabannya, TIdak boleh seperti itu lagi ! Kita tidak akan beranjak menjadi sebuah bangsa yang modern jika kita menggali kuburan masalah masa lalu, dan kemudian meramaikannya lagi.

Kendati demikian, kekhawatiran akan bangkinya PKI, terus terhembus. Entah media, entah elit sosial, entah elit media sosial. Sudah pasti, kita akan melihatnya, elit media sosial,  jauh lebih berperan dalam menghembuskan suara seperti ini. Kendati, kita kurang mendapatkan akses untuk menguji kebenarannya, namun informasi dari elit media sosial, dengan liar adan leluasa bisa menyebar ke berbagai arah dan penjuru negeri.

sekali lagi, “apa iya, PKI akan bangkit lagi ?”.

Jawaban saya saat itu dan saat ini, “PKI tidak bangkit lagi, dan tidak akan bangkit lagi..”. Tetapi, untuk menjadi bahan renungan, saya ingin mengatakan, PKI mungkin tidak bangkit lagi, tetapi tidak ada jaminan, bila komunisme atau pemikiran sosialisme yang tumbuh kembang lagi di negeri ini !

Advertisements