Tadi,  malam, sempat menyaksikan diskusikan Kabar Indonesia, disalah satu Tv swasta Indonesia. Tema yang diangkat, adalah penistaan terhadap lambang negara, khususnya  bendera Merah Putih.

Hal menarik, adalah ada beberapa point pemikiran yang juga  menjadi  pekerjaan rumah yang sangat kompleks bagi bangsa Indonesia.Image result for merah putih dicoret

Pertama, tidak semua warga negara, paham ada aturan terkait. termasuk dalam hal ini, adalah aturan perlakuan khusus terhadap bendera merah putih. Oleh karena itu, muncul ada pertanyaan, jika tidak pernah tahu, dan tidak pernah ada sosialisasi, apakah warga negara berhak di pidana, ?

Kedua, kasus penodaan terhadap lambang negara ,  khususnya bendera merah putih, sumir dalam mengartikan bendera. Bendera merah Image result for bendera jokowi diatas merah putihputih, itu bukan kain dan warna, tetapi ada ukurannya. Sehingga, kasus Presiden Jokowi beridir diatas kain berwarna merah putih, bukan dikategorikan sebagai pelanggaran.

Ketiga, menurut sal

Image result for merah putih dicoret

ah satu sumber pembicara itu, perlakuan itu bergantu

ng pada sense masyarakatnya. Jika euporianya sedang bahagia, dan semangat, maka sikap itu adalah sebuah kebanggaan. Sedangkan, bila dalam konteks yang lain, bisa berupa penghinaan.

Keempat, ketidakpekaan aparat penegak hukum terhadap ragam tindakan yang terkait dengan penodaan terhadap lambang negara. Penodaan, jika memang sebagaimana yang sedang diurusi

Image result for merah putih dicoret

oleh kepolisan sekarang ini, terkait dengan bendera yang ada coretan bahasa

Arabnya, sedang dibahas, maka bagaimana dengan pelaku yang sudah melakukan hal serupa, tetapi

bukan bahasa Arab ?

Dari diskusi ini, sayRelated imagea menarik kesimpulan bahwa kepekaan kita terhadap perilaku diri kita, dan masyarakat kita pun masih rendah, dan cenderung kurang  menyeluruh. Hal mendesak dan mendasar, adalah menegaskan dulu pemahaman dan batasan masalahnya, sehingga kita bertindak tepat dalam mensikapi kehidupan ini !

 

Namun sekedar catatan kecil, kita semua sepakat, tidak boleh ada yang dibiarkan, jika ada yang melakukan penodaan terhadap lambang negara kita ini !

-o0o-

  • mohon maaf, gambar -gambar ini, diambil dari ragam sumber dengan menggunakan mesin pencari, tanpa dilakukan dulu pengecekan keasliannya (tidak dilakukan analisis sebagaimana yang biasa dilakukan oleh ahli forensik digital).
Advertisements