PHasil gambar untuk ruang publikenyalahgunaan ruang, adalah bentuk dari ketidakpahaman kita terhadap konteks sosial. Status sosial, tidak berlaku umum. status sosial berlaku di ruangannya sendiri.

“saya ini, pejabat di instansi ini  …” ujarnya sambi menyebutkan salah satu lembaga yang ada di kota ini. Dia mengatakan itu, mungkin dengan maksud, supaya yang diajak bicara paham, mengenai latar belakang, dan posisi sosialnya. Lebih jauh dari itu, dia berharap, orang yang ada dihadapannya, mengerti terhadap kepetingannya itu sendiri.

Bagi kita yang mendengarkan, ya, beruntung mendapat informasi seperti itu. Dengan Informasi seperti itu, berarti kita tahu, mengenai latar belakang seseorang, dan juga status sosial seseorang, yang tengah kita ajak bicara tersebut.

Tetapi, apakah informasi itu, menjadi penting buat kita saat ini ? relatif. Kadang perlu. kadang juga tidak perlu, bahkan tidak penting.

Ingatlah, anomali politik di era orde baru. Seorang anak pejabat, bisa berlagak dihadapan “siapapun”. Yang menjadi pejabat adalah bapaknya, tetapi sikap sang anak, berlagak menjadi pejabat. Seorang guru bisa kikuk dan tidak berkutik, bila berhadapan dengan siswa yang memiliki orangtua sebagai anggota legislatif. Seorang pengusaha tidak bisa bergerak, kalau berhadapan dengan anak pejabat.

Itu adalah kasus kelam di masa lalu. Anak dan karib kerabat, kerap memanfaatkan jabatan politik saudaranya, untuk mencapai tujuan atau kepentingannya. Dalam konteks ini, saya ingin menyebutnya, terjadi kesalahan penggunaan ruang.

Kita semua paham. setiap orang memiliki status sosial. Tetapi, setatus sosial itu berlaku dalam konteks ruangnya sendiri. Ada ruang umum, ada ruang khusus. Seseorang bisa saja, bergeral doktor dan profesor. Tetapi, itu berlaku di kampus. kalau di rumah, orang itu tetaplah hanya sebagai warga masyarakat, yang bisa jadi, hatus manut juga kepada ketua RT/RW.

Berdasarkan kasus ini, penyalahgunaan ruang, adalah bentuk dari ketidakpahaman kita terhadap konteks sosial. Status sosial, tidak berlaku umum. status sosial berlaku di ruangannya sendiri.

Advertisements