Hasil gambar untuk budegSaya hanya bisa tersenyum. Saat masuk ke ruang kelas, dengan maksud untuk menjadi pengawas dalam Penilaian Akhir Semester istilah baru  untuk  ujian akhir semester. Istilah PAS populer bersamaan dengan sosialisasi kurikulum 2013. Ketertarikan saya saat itu, bukan oleh perilaku para peserta PAS, melainkan oleh sebuah tulisan yang tertera di papan tulis (whiteboard) di depan kelas.

“85 %, saat Ujian, orang pinter itu Budeg…!”  Itulah tulisan singkat, yang terpampang di papan tulis, dihadapan para peserta didik.

Entah apa maksudnya. Apakah tulisan itu, sebagai sindiran, peringatan, atau makian. Saya sendiri tidak paham. Tetapi, rasa suka dihati, dan tergelitiknya pikiran ini, tetap tidak tertahankan.

“kreatif juga …si penulis kalimat itu…” ungkapku dalam jiwa. Sembari menghapus rasa penasaran dan ketertarikan terhadap makna itu, kemudian secara iseng berselancar di dunia maya, untuk mencari referensi atau gambar yang relevan dengan itu.

Tidak persis sama. Saya menemukan ada celotehan yang semakna, walaupun tidak persis sama. Tidak menunggu waktu lagi, kemudian gambar yang sudah ada di mbah google itu, diunduhnya, dai jadikan gambar ilustrasi dalam wacana ini. “Saat orang pinter jadi budeg, sakitnya tuh d sini !”.

 

 

Advertisements