Untuk sekedar mencari informasi, mbah google bisa digunakan. Banyak manfaatnya. Setidaknya, bagi masyarakat umum, atau untuk informasi umum, anak-muda sangat bergantung kepadanya. Tanya saja ke ‘mbah google’. itulah selorohan anak muda kiwari, saat berhadapan dengan masalah yang tengah dihadapinya.

Hasil gambar untuk Wiley Online LibraryTetapi, bagi seorang tenaga pendidik, akademisi, atau mereka yang bermaksud untuk medapatkan informasi yang lebih baik, mendalam, dan objektif, mbah google tidaklah cukup. Tidak cukup sekedar mbah google. karena kadang, ada informasi hoax yng tersajikan, dan kita mengalami kesulitan untuuk melakukan konformasi atau cross ceknya.

Untuk itulah, kita memebutuhkan referensi yang lebih sahih, valid atau adekuat, secara ilmiah. Salah satu referensi yang bisa kita gunakan, adalah memanfaatkan perpustakaan digital.

Dalam konteks inilah, pagi ini, saya  mendapat informasi dari sebuah email, yang menyertakan info tentang perpustakaan digital. Sumber ini, sangat mudah dikenal, dan sudah familiar bagi pengguna referensi berbahasa Inggris (khususnya). Kita dapat mengunjungi perpustakaan itu, di  http://onlinelibrary.wiley.com.

Selepas menerima informasi itu, kemudian saya cek ke alamat yang dimaksud. Luar biasa ! ternyata, terdapat sejumlah jurnal berbahasa Inggris, dengan cakupan disiplin ilmu yang sangat lengkap. Kita dapat menemukan jurnal Antropologi, Sosiologi, Kajian Perkotaan, Sains, Studi Lingkungan, Hukum dan Krimunologi, dan lain sebagainya.  Sehubungan dengan peminatan sendiri, di sini pun, kita dapat menemukan jurnal geografi dan kajian budaya.

Sudah tentu, tidak semua artikel yang disajikannya, bisa diunduh secara gratisan. Tetapi, sungguh terdapat limpahan artikel yang bisa kita manfaatkan untuk pengembangan wawasan yang kita sebagai tenaga pendidik. AMin.

Advertisements