Jika kita bicara literasi, itu sudah tidak asing, atau setidaknya sudah banyak yang membincangkannya di ragam kesempatan dan ragam media. Sementara, aspek keterampilan dasar pembelajaran yang lainnya, yaitu aspek numerasi belum banyak dibicarakan.

Hasil gambar untuk numerasiApa yang dimaksud dengan numerasi ? Gough (2007) dalam Westwood (2008), pernah menyebut dan mengartikan numerasi dengan istilah Numberacy. Tetapi, jika dilihat dari literature terakhir, numerasi itu bukan sekedar terkait dengan angka (number). Numerasi, seperti halnya, konsep literasi terus mengalami pengembangan dan pemekaran konsep.

Makna awal dari numerasi, yaitu ada kaitannya dengan masalah kemampuan berhitung, atau mengkalkulasi sesuatu. Pengetahuan dan keterampilan matematika, itu penting dan diperlukan, tetapi bukan sekedar matematika dalam pengertian ‘angka’, melainkan bisa melebar ke kemampuan dalam membaca grafik, kalkulasi, pengukuran, penilaian, atau pemahaman terhadap data.

Mirip dengan orang yang main catur. Kita boleh ‘membunuh bidak’ dengan menggunakan ‘kuda’, tetapi, apakah ada keuntungan yang bisa berpihak pada pertahanan kita, dengan melakukan hal itu ? kemampuan memutuskan, dengan kalkulasi yang tepat, adalah termasuk pada bagian dari keterampilan numerasi.

Setiap tingkah laku kita, akan dibaca orang. Masalahnya, adalah apakah kita sudah memiliki kemampuan matematis atau kalkulatif yang kritis, dengan tindakan tersebut ? dalam hidup ini, ada hokum aksi dan reaksi, kita tidak bisa sekedar berani melakukan aksi, tetapi juga harus cerdas dan cermat dalam mengantisipasi hadirnya reaksi.

Safari politik Jokowi ke berbagai elemen masyarakat,  ulama, elit  agama, atau  pimpinan organisasi keagamaan, dan juga simpul  ketahanan Negara, adalah pilihan politik presiden dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara. Tetapi, masalahnya, apakah tindakan itu sudah dikalkulasi dengan efek citra dan efek politik dari kegiatan tersebut?

Referensi

Peter Westwood, What Teachers Need To Know About Numeracy,  Victoria : ACER Press,, 2008.

David McNamara, Classroom Pedagogy And Primary Practice, London : Routledge, 1994.

Advertisements