Setiap orang akan memiliki pengalaman yang berbeda. Setiap orang memiliki kesan dan kenangan yang beragam mengenai sesuatu hal, termasuk saat menikmati serial TV. Seperti yang teralami saat ini, yakni tengah menikmati tayangan film Mahabharata. Mahabharata yang ditayang ANTV adalah film serial India dari kanal Star Plus.

Bagi kita yang pernah menyaksikan film serupa, khususnya TV Mahabharata yang diproduksi oleh B.R. Chopra dan disutradarai anaknya sendiri Ravi Chopra, sebagaimana pernah ditayangkan tahun 1991-an di TPI (Televisi Pendidikan Indonesia), akan merasakan sesuatu yang beda.

Beda. Itulah yang terasa.

Banyak cerita yang beda dari kedua film tersebut. Misalnya saja, kematian Karna pada Mahabharata versi Chopra, yaitu mati seketika, dengan kepala terpenggal oleh panah Arjuna. Sedangkan, pada Mahabharata versi Star Plus, Karna Mati dalam pangkuan Kunti (ibunya).

Dalam Mahabharata versi Chopra, Duryudona mati, selepas Bima melihat tingkah Krisna yang memberikan isyarat untuk memukul paha Duryudona. Sementara Mahabharata versi Star Plus, orang yang memberitahu Bima untuk memukul paha Duryudona adalah Arjuna.

Itu adalah beberapa titik perbedaan antara kedua tayangan tersebut. Walaupun kita tidak mengangkatnya secara detil, tetapi, para penikmat film perlu dengan cermat memahami alur cerita tersebut. Contoh lainnya, menurut Nyoman S. Pedit (2003), sebelum kematiannya, Drona bermeditasi dan kemudian kemasukan roh halus, dan setelah itu baru dibunuh oleh Dristadyumna. Sementara dalam Mahabharata versi Star Plus, Drona bermeditasi kemudian “melepas” semua kekuatannya, sehingga menjadi manusia yang memiliki banyak kelemahan, dan mudah terbunuh, yang selanjutnya dibunuh oleh Dristadyumna.

Inti dari wacana yang ingin disampaikan disini, khususnya bagi mereka yang berminat mengkaji naskah klasik ini, yaitu ternyata dari sumber awalnya pun, Kitab ini memiliki banyak versi, setidaknya ada dua versi di India, dan versi pewayangan di Tanah Jawa. Namun demikian, dengan hadirnya serial baru ini, memberikan kekayaan baru, mengenai isi dari Kisah klasik India tersebut.

Mudah-mudahan…

Advertisements