Seorang geograf, dan pembelajar geograf, tidak sekedar  tahu informasi , tetapi dituntut untuk memiliki keterampilan lainnya. Ada empat keterampilan yang perlu dikuasai, yaitu kompetensi intelektual, personal, interpersonal dan praktis.

Judul buku ini menarik. Study Skills for Geography, Environmental Science, Earth Science Students, atau kemudian disebutnya Study Skill for GEES. [1]  Melihat judul seperti itu, terlintas sudah bahwa, ulasan yang ditawarkan Pauline Kneale itu, lebih terkait dengan bidang kajian pada GEES itu sendiri.  Karena itu, peserta didik (mahasiswa atau siswa) yang terlibat dalam kajian ilmu sosial lainnya atau ilmu eksakta, seperti ekonomi atau politik,  hokum, dunia pendidikan atau natural science pada umumnya, tidak akan tertarik dengan buku ini.

Tetapi, bila kita menyempatkan diri untuk membuka halaman demi halaman buku ini, prasangka yang baru saja diajukan, akan sulit diwujudkan. Pada halaman pertama, memang ada semacam spesifikasi bahan kajian, yaitu wilayah GEES. Tetapi dihalam pertama, dan berikutnya, kita akan mendapatkan penjelasan mengenai keterampilan studi (study skills) yang sifatnya umum.

Dalam buku itu, kita mendapatkan penjelasan mengenai budaya belajar di perguruan tinggi. Di tegakan Pauline Knealer, perguruan tinggi berbeda dengan SMA. Perguruan tinggi beda dari dunia kerja. Di perguruan tinggi, kemandirian belajar seseorang menjadi hal pokok dalam mencapai tujuan belajar (sendiri). Karena itu, dibutuhkan budaya belajar yang tepat untuk mencapai tujuan belajar diperguruan tinggi, termasuk belajar GEES.

Pauline Kneale dengan tegas, bahwa seorang pembelajar GEES, setidaknya dituntut empat kompetensi. Pertama, yaitu kompetensi intelektual, seperti analisis, berfikir kritis, riset, dan argumentasi. Kedua, keterampilan personal, seperti mengelola waktu, adaptif, dan motivasi. Ketiga, kompetensi interpersonal, seperti kerjasama atau komunikasi. Dan keempat, kompetensi practical, seperti pemanfaatan IT dan keterampilan teknis GEES lainnya.   

Paparan yang relevan bagi seorang pelajar, yang tengah mengkaji masalah GEES, diantaranya yaitu manajemen waktu, membaca efektif, memanfaatkan perpustakaan, membuat catatan, menyusun argumentasi, presentasi, diskusi, kerja kelompok, kerja lapangan, dan resensi buku. Semua itu, merupakan keterampilan belajar yang perlu ditumbuhkembangkan seorang pelajar.

Seiring hal itu, jelas sudah bahwa, kendati judul buku itu bersifat spesifik, yaitu untuk kajian GEES, namun, pada dasarnya idea tau informasi yang disajikannya lebih bersifat umum, bahkan bisa dimanfaatkan oleh seorang guru atau tenaga pendidik, bukan oleh pelajar saja.


[1] Pauline E. Kneale, 2011, Study Skills for Geography, Environmental Science, Earth Science Students, London : Hodder Education, an Hachette UK Company

Advertisements