Penelitian observasi data ini dilakukan di industri milik Bapak Enung Supriatna yang bertempat di Kaum Kulon Ujungberung Indah Rt/Rw: 05/04 nomor 37, dimana di industri ini melakukan kegiatan pengolahan barang setengah jadi menjadi barang jadi berupa makanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Industri ini didirikan sejak tahun 1996 dengan modal sendiri.Variasi makanan cemilan ini berupa makaroni, mie lidi, mie telor, kerupuk-kerupuk, dan bihun. Bapak Enung mendapatkan bahan baku dari satu daerah di Jawa Tengah.

Industri ini melakukan kegiatan jika ada pesanan, dalam seharinya menghasilan cemilan bervariasi kurang lebih sebanyak 100 bal .Pekerjanya sebanyak tujuh orang yang berasal dari Pasir Angin, Sekehonje dan Cilengkrang. Pendapatan yang diterima oleh Bapak Enung sebulannya bisa mencapai kurang lebih Rp.2.700.000,- dimana telah dipotong untuk baban gaji karyawannya, dimana setiap karyawan memiliki gaji yang bervariasi, mulai Rp.10.000,- sampai Rp.20.000,- per 1000 biji dengan uang makan sebesar Rp.5.000,-/hari.

Industri Sawargiini disampaikan Agung Purnomo Hadi, Dida Latipah, Fathurrahman, Marina Trozi Dahliyana, Mesa Suhandaning.

Advertisements