Mungkin baru kurikulum 2013 ini, tingkat kegaduhannya yang sangat meluas. Dibandingkan dengan kurikulum-kurikulum lainnya, yang pernah diberlakukan di Indonesia, tingkat kehebohannya tidaklah seramai membincangkan kurikulum 2013 ini.

Banyak ragam tafsir terhadap misi Kurikulum 2013. Keragaman tafsir itu mengemuka, dan mewujud menjadi isu kontroversial. Termasuk dalam kesiapan lembaga dalam menerapkan konsep atau draf kurikulum 2013.

Ada yang memiliki anggapan, kurikulum itu masih prematur. Jangan dulu direspon, dan biarkan dulu Pemerintah menyelesaikan tugas mematangkan konsep dan struktur kurikulumnya. Sikap ini, melahirkan penantian yang tak berkepastian.

Ada yang reaktif. Kelompok ini melihat, terdapat banyak bolong-bolong dalam kurikulum 2013, dan juga mengancam sejumlah mata pelajaran dan posisi guru di lembaga pendidikan. Karena itu, bagi mereka, kurikulum 2013 ini harus ditolak. Kurikulum 2013 dianggapnya sarat dengan kepentingan politik, kepentingan proyek, dan mengancam keberadaan guru di lapangan.

Sementara dari pihak pemerintah, revisi kurikulum nasional ini, merupakan sebuah keniscayaan, baik karena landasan yuridis formal, filosofis, ideal, maupun kebutuhan empiris masyarakat dan bangsa Indonesia saat ini. [1]

Namun demikian, melihat gelagat semangat Pemerintah dalam memberlakukan Kurikulum 2013 ini, maka hampir dipastikan, salah satu pertanyaan kunci dari masalah ini, sebuah lembaga pendidikan dan/atau guru, mengajukan pertanyaan, kapan kurikulum ini diberlakukan di lembaga pendidikan kita ?

Kita tidak memiliki ruang-tulis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Membutuhkan kajian detil dan kritis dalam memahami masalah itu. Tetapi, khusus dalam kaitannya dengan rencana pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013, ada baiknya kita membicarakan masalah ini dalam konteks kebutuhan faktual di lembaga kita ini.


Momon Sudarma, praktisi pendidikan, di MAN 2, dan Mualimin Ponpes 110 Manbaul Huda Kota Bandung. Alamat komunikasi/email : momonsudarma@yahoo.com, tulisannya dikemukakan di (1) https://dede.wordpress.com/, dan (2) http://momonsudarma.blogdetik.com/

Materikurikulum 2013 sekarang atau mati disampaikan dalam Diskusi Bulanan Madrasah Tsanawiyah Manbaul Huda Kota Bandung, 6 Juni 2013.

[1] Perhatikan Bajan Uji Publik Kurikulum 2013, yang dipublikaiskan pihak Panitia Penyusun Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Advertisements