Pengguna media jejaring sosial sudah menyebar  ke berbagai daerah di dunia. Dengan SBY yang mengenalkan kicauannya pada media jejaring sosial, Jakarta kian mengukuhkan sebagai kota pengicau (twitterer atai tweeps) di dunia.

Media jejaring sosial, seperti tweet dan facebook sudah tidak asing lagi. Presiden SBY pun, latah dan memanfaatkan media sosial ini sebagai bagian dari komunikasi politiknya. Walaupun mungkin, banyak yang masih bingung. Media jejaring yang digunakan SBY itu, adalah media komunikasi politik seorang Presiden dengan warga negaranya, atau seorang Ketua Umum partai dengan warganya, dalam kebutuhan pemilu mendatang. Waduh itu, bukan urusan kita lagi…..

Hal yang menariknya, ternyata, media jejaring sosial ini, sudah bukan gejala anak muda saja. Media jejaring sosial sudah muncul diberbagai lapisan masyarakat dan negara. Media jejaring sosial sudah mengalami penyebaran yang pesat ke berbagai daerah di penjuru dunia. Untuk kepentingan itulah, pemetaan dan analisis geografi menjadi penting untuk dilakukan.

Sebaran pengicau dunia itu yakni  Amerika Serikat sekitar 28,8 %,  Brazil sekitar 8,12 %, Jepang 6,77 %, kemudian Inggrissekitar 6.16 %, dan Indonesia mencapai angka 5,61 % . kemudian, 44,49 % lainnya tersebar di seluruh pelosok dunia.

Sebuah penelitian di Francis, menunjukkan bahwa sampai pertengahan tahun, Juni 2012, sudah ada hampir setengah milyar pengguna media jejaring sosial di dunia. Sepertiganya lebih, diisi oleh warga Amerika Serikat. Sisanya tersebar di seluruh pelosok bumi, termasuk orang Rancaekek Bandung. [1]

Dalam penelitian itu, dikemukakan pula mengenai perkembangan pesat dalam penggunaan bahasa Arab pada media jejaring sosial. Sebagai bahasa dunia, atau bahasa PBB, bahasa Arab menjadi bahasa keenam, yang banyak digunakan dalam media jejaring sosial. Sampai tahun 2012, ini ada pertumbuhan sebesar 2,8 %. Riyadh termasuk 10 besar sebagai kota berpenduduk pengicau.

Suatu saat, jangan-jangan Makkah akan menempati posisi besar pengicau di dunia, jika jamaah haji dari Indonesia mukim di sana…

Uniknya lagi, trend yang muncul sekarang ini, pengicau banyak bermunculan di tempat kerja atau tempat dinas. Seperti kantor, atau kelas  bagi anak remaja !

Advertisements