Dalam pertandinga sepakbola, palatih itu hanya bermain di pinggir lapangan. Di tengah lapangan, pada pertandingan nyata, pemain itulah pelaku utamanya….

Tidak ada menyangsikan, bagaimana peran Rahmad Darmawan dan Jackson F. Tiago. Kedua pelatih ini, termasuk pelatih sepakbola di Indonesia yang sudah mampu menunjukkan kemampuannya memoles tim, dan meraih prestasi.

Jackson F. Tiago adalah pemain sepakbola asal Brasil, dan kemudian mampu membawa Persebaya, yang terdegradasi semusim sebelumnya, promosi ke Divisi Utama pada tahun 2003 dan juara pada musim 2004. Begitu pula Rahmad Darmawan, yang pernah mengarsiteki klub besar dan sukses dalam kompetisi di Indonesia.

Persoalannya, dan ini adalah masalah hidup dan kehidupan, pelatih itu penting, tetapi jauh lebih penting lagi adalah peran nyata dari kita sebagai  pemain di lapangan. Peran  pelatih hanyalah mengarahkan, dan mengelola strategi, sementara peran pemain adalah melakukan tindakan nyata.

Sekarang, banyak anak-anak di sekolah, yang berharap besar terhadap peran pelatih. Ingat guru itu adalah pelatih dalam permainan hidup, termasuk dalam menjelang ujian (misalnya Ujian Nasional). Sementara anak-anak itu sendiri, adalah para pemain. Pemain yang asli.

Kesalahan fatal yang pertama, pelatih tidak boleh main. Tidak boleh satu orang pun pelatih yang turut bermain dalam permainan di lapangan. Bila ada yang melakukan hal itu, maka permainan itu menjadi kurang berwibawa, tidak terhormat, dan tidak akan dihargai oleh para penonton !

Kesalahan kedua, para pemain sangat menggantungkan diri pada pelatih. Dalam kenyataannya,  sebagai pemain sepakbola,  setiap langkah dan gerak nyata dari pemain, adalah menjadi kunci utama dalam meraih prestasi atau memasukkan bola ke gawang lawan ! pelatih,  hanya bermain di pinggir lapangan.

Untuk anak-anakku, ingat permainan sepakbola. Pemain adalah kunci utama dalam meraih kebehasilan itu ?!

Sehebat apapun pelatih. Mereka hanya mengarahkan.  Tindakan nyata pemain adalah hal yang paling utama ?!

Sehebat apapun pelatih, bila pemain dilapangannya tidak serius menjalankan tugas permainanya, maka  pertandingan itu akan berakhir dengan hasil yang kurang menggembirakan !

Advertisements