semangat tinggi diawal  permainan itu, penting, tetapi lebih penting lagi adalah menjaga konsistensi semangat permainan sampai akhir pertandingan. Sampai detik terakhir permainan !

Bagi kita yang sempat menyaksikan pertandingan antara Timnas Indonesia dengan Timnas Arab Saudi, pasti merasakan gejolak bathin, emosi dan persepsi tersendiri. Ada yang memadang, pertandingan di ajang FA 2013 itu menarik, dan cukup memuaskan. Ada pula yang kurang memberikan penilaian yang memuaskan. Di awal pertandingan, Indonesia mampu mengungguli lawan, dengan gol tunggal (tunggal sampai akhir pertandingan) dari Boas. Sayangnya posisi ini, tidak mampu dipertahankan sampai akhir pertandingan.

Ada yang menarik, yang perlu diperhatikan dengan seksama. Perhatian yang kita maksudkan, yaitu perhatia terhadap semangat. Semangat bermain. Semangat bertanding. Semangat berjuang. Semangat berusaha. Semangat meraih impian.

Mohon maaf. Mungkin, kita mengatakan bahwa semangat yang sudah ditunjukkan timnas sudah maksimal. Semangat yang mereka sudah tampilkan sudah seoptimal mungkin. Tetapi hasilnya memang, kurang memuaskan. Indonesia tertekuk 2-1 oleh Timnas Arab Saudi.

Hal yang memprihatinkan. Dalam kehidupan kita ini, seringkali menunjukkan sikap semangat di awal. Sementara di tengah perjalanan, kita sudah merasa lelah, dan atau leha-leha di ujung permainan. Padahal, waktu permainan masih sangat panjang, bahkan tidak pernah ketahuan ujungnya. Bila kita ingin hidup, seribu tahun lagi, kita tidak akan pernah tahu, ujungnya !

Bagi anak-anakku, yang sedang kuliah, atau sekolah. Permainan Anda di kampus itu, ada yang 3 babak (3 tahun), ada yang  5 babak (tahun). Raihan prestasi di awal-awal semester adalah bagus. Nilai tinggi di tahun-tahun pertama, adalah patut dihargai. Tetapi, semangat sampai akhir permainan, adalah lebih bagus lagi, dan lebih patut dihargai.

Banyak diantara anak-anak muda saat ini. Dalam memasuki babak kehidupan ini, baik itu sekolah, bekerja, atau pun menjalin hubungan dengan seseorang. Di awal babak hidupnya, sangat baik dan menggemberikan. Tetapi, ditengah perjalanan, mulai  kelelahan. Berubah sikap, berubah mental, dan berubah semangatnya. Ujung dari perjalanan dengan sikap seperti itu, sudah tentu akan mengecewakan.

Banyak diantara anak-anak muda sekarang ini, dalam memasuki babak kehidupannya, terlena di akhir permainan. Merasa sudah menang di awal pertandingan, merasa sudah  berhasil di awal permainan, diujung permainannya terlena, berleha-leha atau tidak disiplin lagi. Perlu diingat ! sementara dipihak lain, karena waktu kian berakhir, karena tiada ada kesempatan lagi, kaerna merasa sudah habis waktunya, musuh kian meningkatkan usaha dan ikhtiarnya, untuk mengalahkan kita ?!

Saat kita terbuai dengan kemenangan sementara, para pengacau, pengganggu,  atau syetan akan melancarakan serangan habis-habisan di ujung permainan ? hat-hati dengan injuri time (waktu sisa) !

Berdasarkan pengalaman ini, semangat tinggi diawal  permainan itu, penting, tetapi lebih penting lagi adalah menjaga konsistensi semangat permainan sampai akhir pertandingan. Sampai detik terakhir permainan !

Advertisements