Pada pagi hari ini, menemukan artikel dengan judul Geography Handbook, yang dikeluarkan National Geographic. Sayangnya, setelah ditelaah, dan kemudian rencananya ditelusuri sumbernya, alamat naskah ini susah dicari lagi. Walaupun begitu, sebagai sebuah naskah, atau sekedar dijadikan bahan diskusi, naskah atau booklet ini dapat dimanfaatkan untuk  pengayaan. Setidaknya, kajian ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan ajar pengantar geografi.

Tradisi pembelajaran kita, di pertemuan awal pembelajaran geografi, peserta didik dikenalkan dengan konsep-konsep geografi. Cukup banyak dan beragam pandangan mengenai konsep-konsep geografi itu.   Jumlahnya pun berbeda-beda. Kita tidak akan menghitung ulang mengenai jumlah konsep geografi tersebut. [1] Tetapi, hal yang perlu dikedepankan disini, salah satu konsep yang sering kali kurang mendapat perhatian dari para guru geografi, dan atau peserta didik.

Buku setebal 15 halaman ini, mengulas mengenai geografi dan keterampilan teknik geografi. Dibuka dengan sebuah pertanyaan, bagaimana  belajar geografi ? para geographer, menurut tulisan itu, sudah berusaha merinci konsep-konsep kunci geografi. Konsep kunci itu dibagi menjadi lima pokok, yaitu  lokasi, tempat, human/environment interactin, movement dan region. Pandangan ini, kiranya diacukan pada pemikiran Robert W.Christopershon (2012:3). [2]  Pada bab selanjutnya, dalam booklet tersebut diuraikan mengenai peta, pemetaan dan projeksi.  Naskah tipis ini pun, menyajikan contoh  penyajian informasi geospatial dalam bentuk tabel, diagram,  pictogram, grafik  atau chart.

Hal yang unik, selain mengemukakan kelima konsep kunci, disajikan ula enam bagian dalam pembelajaran geografi (six essential elements), yaitu dunia sebagai konsep ruang (the world in spatial term), region dan tempat (place and region), sistem ilmu kebumian (physical system), sistem kemanusiaan (human system),  lingkungan dan masyarakat (environment and  society), dan terakhir yaitu the uses of geography. [3]

Kelima konsep esensial sudah banyak dikaji, dan atau dikemukakan oleh guru geografi atau geograf. Sedangkan, elemen keenam  dari materi pokok itu, perlu mendapat  perhatian serius dari para guru di lapangan. Pertama, karena pada dasarnya, pengetahuan geografi membantu kita untuk memahami relasi antara manusia, tempat dan dunia luar. Pengetahuan geografi membantu manusia memahami masa lalu dan memproyeksikan mengenai masa depan dunia.

Kedua, menjelaskan mengenai kegunaan dan atau nilai praksis geografi, dapat meningkatkan kewibawaan ilmu dalam kehidupan manusia. Semakin besar manfaatnya,  semakin eksis ilmu tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika sebuah disiplin ilmu menghindar dari masalah  kehidupan manusia, dan atau kehilangan nilai kegunaannya, akan ditinggalkan oleh sejarah.

Ketiga,  menjadi tanggungjawab akademik para guru dan geograf untuk meningkatkan nilai praksis geografi dalam kehidupan sehari-hari. Geografi tidak sekedar ilmu kampus, tapi juga dapat digunakan untuk mencari fulus, menjadi alat untuk memecahkan masalah praktis. Setidaknya, berbagai persoalan, sekecil apapun, bila menyangkut masalah ruang, tempat, dan kehidupan manusia, perlu ada sentuhan geografi.

Geografi secara filosofi membangkitkan kesadaran dan kepekaan manusia terhadap ruang. Tetapi, kekeuatan kepekaan terhadap ruang ini, bergantung pada kemampuan geograf dalam membelajarkan peserta didiknya. Geografi adalah ilmu keruangan. Pendidikan geografi adalah penguatan, pembangkitan, dan penyadaran serta pemberdayaan kepekaan ruang (Sense of place or spatial ) peserta didik. Semua itu, ujung tombaknya adalah pada kemampuan pembelajar geografi (guru /dosen) dalam mentransformasikan nilai-nilai geografi dalam dunia pendidikan !


[1] Untuk mengetahui variasi pandangan mengenai konsep, dapat dilihat Gurniwan Kamil Pasya. Geografi : Pemahaman Konsep dan Metodologi. Bandung : Buana Nusantara. Hlm. 95-114.

[2] Robert W. Christopherson. 2012.  Geosystems : an Introduction To Physical Geography . 8th ed.  Pearson Education, Inc., publishing as Pearson Prentice Hall : New Jersey.

[3] National Geographic. Geography Handbook.

Advertisements