Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.

Dalam pembelajaran geografi tahun ini, kelas XI IPS berkesempatan melakukan kajian langsung terhadap lingkungan pasar. dengan menggunakan pendekatan ekologi, mereka dituntut untuk memberikan kajian kritis terhadap ekologi pasar.

Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang keadaan pasar yang ada di pasar khususnya perkembangan pasar Ujung Berung. dan untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan Pasar Ujung Berung. Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi langsung kelapangan dengan melakukan wawancara ke pedagang setempat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pasar sangat bermanfaat bagi manusia (penjual dan pembeli) untung menukar jenis barang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

inilah makalah-geografi yang disampaikan, siswa MAN 2 Kota Bandung, dalam pelajaran geografi.

Advertisements